STAI Al-Hamidiyah Jakarta menuju Kampus Berbasis Riset dan Publikasi Bereputasi Global

Rabu, 08 November 2023   186 kali

about

STAI Al-Hamidiyah Jakarta menuju Kampus Berbasis Riset dan Publikasi Bereputasi Global


Depok (8/11) – STAI Al-Hamidiyah Jakarta menyelenggarakan workshop “Penelitian, PKM dan Publikasi Program studi PAI dan PIAUD”. Acara ini diselenggarakan pada 1 November 2023 di Kampus STAI Al-hamidiyah Jakarta sebagai bagian peningkatan kapasitas Internal dosen dalam pengembangan keilmuan melalui Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Dosen dalam Dunia Pendidikan Tinggi.



Sebagai pengantar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Fauzan,M.A dan narasumber yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah Ibu Dr. Farida Wulandari,M.Pd dan Ibu Marti Alifa S.Psi sebagai Wakil Direktur Pendidikan. Dalam sambutannya, Prof Fauzan, M.A menjelaskan bahwa terdapat 3 hal yang penting dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi yaitu mencakup Pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam hal ini perguruan tinggi tidak hanya berperan dalam penyelenggaraan layanan Pendidikan, namu juga berkontribusi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfungsi mengatasi problematika sosial disamping pembelajaran teoritis. Kewajiban pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi juga dilandasi oleh Pasal 1 (9) UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Penelitian dan pengabdian ini juga hendaknya dioptimalkan oleh seluruh sivitas akademika STAI Al-Hamidiyah Jakarta yang berbasis kolaborasi antara mahasiswa dan dosen.


Dalam mengupayakan optimalisasi penelitian dan pengabdian perguruan tinggi dosen perlu memiliki Peta Jalan (roadmap) Penelitian dan Pengabdian, yang berfungsi sebagai gambaran dan target serta spesifikasi teknis keahlian dosen dalam menyalurkan gagasan yang tertuang pada rencana penelitian dan pengabdian masyarakat secara berkala, terkhusus bagi dosen STAI Al-Hamidiyah Jakarta. Kata Prof. Dr. Fauzan,M.A (1/11)


Agus Sufyan, M.App.Ling sebagai narasumber membahas lebih dalam mengenai pentingnya penelitian dosen, sebagai upaya untuk memotivasi para pemilik profesi dosen untuk menjalankannya. Jadi, penelitian ilmiah dijadikan kewajiban bagi seorang dosen tentu bukan tanpa tujuan yang jelas dan bermanfaat bagi orang banyak.


Melalui rangkaian penelitian dosen maka akan ditemukan pemahaman, teknologi dan juga solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh banyak pihak. Baik dari kalangan mahasiswa, lingkungan perguruan tinggi, dan juga masalah yang dihadapi masyarakat luas.

Dilihat dari kepentingan di lingkungan perguruan tinggi, maka kegiatan peneltian yang dilakukan oleh dosen memiliki sejumlah arti penting, diantaranya :

1.   Mengembangkan Materi Mengajar

Jika dibandingkan dengan kalangan siswa, “mahasiswa” dengan tambahan kata “maha” di depan memiliki arti yang lebih spesifik. Salah satunya tuntutan bagi kalangan mahasiswa untuk lebih kritis dalam mempelajari suatu pengetahuan.

 

Sehingga dalam proses pembelajaran materi pembelajaran atau perkuliahan yang memang dari hasil penelitian relevan. Sehingga isi materi di dalam kelas lebih rasional, sudah terbukti dan teruji, sekaligus bisa disampaikan lebih mendalam. Melalui berbagai penelitian dosen yang terkini dan juga disesuaikan dengan permasalahan yang ada atau dihadapi. Maka proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan perguruan tinggi semakin maksimal dengan ditunjang oleh sumber materi yang berkualitas dan relevan.

 

2.  Mendukung Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Di mata masyarakat, sebuah perguruan tinggi menjadi kiblat ilmu pengetahuan. Sebab di lingkungan inilah berbagai jenis ilmu pengetahuan dan juga keahlian akan diasah atau dikembangkan.

 

Lulusan atau alumni perguruan tinggi diharapkan mampu menerapkan semua yang didapatkannya selama kuliah di masyarakat. Melalui materi perkuliahan yang berasal dari hasil penelitian dosen dimana dijamin berkualitas dan relevan.

 

Maka akan mencetak mahasiswa yang paham dan bagaimana menyediakan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas. Sehingga ilmu yang didapatkan akan lebih bermanfaat bagi banyak pihak sekalipun sudah tidak aktif di lingkungan perguruan tinggi karena sudah lulus.

 

3.   Meningkatkan Reputasi Kampus

Hasil penelitian dosen nantinya akan dituangkan ke dalam karya ilmiah dan dipublikasikan dalam bentuk Jurnal. Jurnal-jurnal ini diharapkan dipublikasikan secara internasional. Sehingga selain bisa dimanfaatkan banyak orang di seluruh dunia, juga membantu reputasi kampus yang lebih baik.

 

Dalam mengupayakan optimalisasi penelitian dan pengabdian perguruan tinggi dosen perlu memiliki Peta Jalan (roadmap) Peneitian dan Pengabdian, yang berfungsi sebagai gambaran dan target serta spefikasi teknis keahlian dosen dalam menyalurkan gagasan yang tertuang pada rencana penelitian dan pengabdian masyarakat secara berkala, terkhusus bagi dosen STAI Al-hamidiyah Jakarta. Tujuan dari kegiatan ini menjalin sinergisitas dalam penelitian dan pengabdian Tridharma Perguruan Tinggi.

 

STAI Al-Hamidiyah Jakarta perlu mendorong riset untuk kebijakan dan penciptaan inovasi. Dengan demikian, komponen dampak riset terhadap kebijakan dan inovasi perlu diselaras dalam kegiatan Tri Dharma PT. jadi, hasil riset bukan hanya berupa publikasi dan produk komersial, melainkan juga berupa dampak terhadap masyarakat. Melalui kegiatan yang menyelaraskan ketiga misinya, STAI Al-hamidiyah Jakarta akan memenuhi potensinya sehingga bisa berkontribusi bagi masyarakat.

Copyright 2024 - STAI Al-Hamidiyah Jakarta