Sinergi Penelitian: Strategi Kolaborasi Perguruan Tinggi Melalui LPPM

Rabu, 13 Desember 2023   56 kali

about

Jakarta (13/12) – LPPM “Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” STAI Al-Hamidiyah Jakarta dalam rangka meningkatkan kualitas dan relevansi kegiatan riset sebagai pusat pengetahuan dan inovasi melakukan kerjasama dengan LPPM UHAMKA untuk menghadapi tantangan kompleks dalam mengikuti dinamika perkembangan global. 


Acara kerjasama ini dihadiri oleh Dr. Gufron Amirullah,M.Pd selaku Ketua LPPM UHAMKA dan apt. Ari Widayanti,M.Farm. Hadir pula dari STAI Al-Hamidiyah Jakarta, Prof Fauzan MA sebagai akdiv dikti, Wakil Direktur Yayasan Al-Hamidiyah Ibu Marti Alifa, S.Psi dan unsur dosen dari STAI Al-Hamidiyah Jakarta.

Dalam kata pengantarnya, Prof Fauzan MA menuturkan LPPM memainkan peran yang krusial dalam peningkatan kolaborasi yaitu; pertama, kerjasama LPPM sebagai pondasi riset inovatif, kedua, kerjasama dalam peningkatan OJS pengembangan jejaring perguruan tinggi, ketiga, mendorong keterlibatan mahasiswa dalam proyek riset kolaboratif.


“Saya berharap kerjasama LPPM sebagai pondasi riset inovatif entitas yang fokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat, mampu menjadi katalisator dalam menciptakan lingkungan kolaboratif. Kolaborasi yang dipandu oleh LPPM memungkinkan perpaduan keahlian dari berbagai disiplin ilmu dan menciptakan solusi yang lebih holistik dan inovatif. Keterlibatan mahasiswa dalam proyek riset kolaboratif dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga. Hal ini akan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam riset, tetapi juga membentuk peneliti yang siap terlibat dalam tantangan masa depan” jelas Prof. Fauzan.


Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM UHAMKA menyampaikan sambutan hangat kepada perwakilan dari STAI Al-Hamidiyah. “Kami berharap bapak dan ibu dosen dapat menggunakan strategi-strategi pengabdian masyarakat yang menggembirakan sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang membutuhkan. Strategi ini penting, karena apa yang dilakukan masyarakat nantinya akan mendapatkan Outcome yang signifikan” ujar Pak Gufron.


Selanjutnya, dalam kegiatan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat ke dalam tiga kategori utama: Kegiatan Pengabdian Masyarakat regular, Kegiatan Pengabdian Masyarakat Unggulan, dan Kegiatan Pengabdian masyarakat Unggulan terintegratif.


Di lain pihak, Siskha Putri selaku ketua LPPM STAI Al-Hamidiyah Jakarta juga menyampaikan apresiasinya terhadap ketersediaan LPPM UHAMKA yang telah memberikan informasi dan sharing pengalaman dalam peningkatan mutu Kolaborasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.


“Tentunya, kami semua berharap melalui kolaborasi UHAMKA dan STAI Al-Hamidiyah Jakarta dapat diimplementasikan kepada masyarakat. Kemudian rekan dosen melakukan pengabdian masyarakat yang mengajak masyarakat untuk belajar di STAI Al-Hamidiyah Jakarta.” Ungkap Siskha. 

Copyright 2024 - STAI Al-Hamidiyah Jakarta