Kegiatan Penutupan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) STAI AL-Hamidiyah Jakarta

Senin, 04 Desember 2023   113 kali

about

Kegiatan Penutupan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) STAI AL-Hamidiyah Jakarta

Senin, 4 Desember 2023 telah dilaksanakan Penutupan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI Al-Hamidiyah Jakarta di AULA STAI yang dihadiri oleh Kepala Divisi Paud-Dikdasmen Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Kepala Divisi Madrasah Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Kepala Sekolah Mitra, Dosen Pamong, Guru Pamong, dan seluruh peserta PLP. Tahun ini sekolah yang menjadi mitra PLP adalah unit pendidikan dibawah naungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah yaitu MA Al-Hamidiyah, MTs Al-Hamidiyah, SMPI Al-Hamidiyah, SDIT Al-Hamidiyah dan KB-TK Al-Hamidiyah, sebagai laboratoriumnya STAI Al-Hamidiyah Jakarta.


Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan Pendidikan. Berdasarkan Permenristekdikti 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru Pasal 1 nomor 8.


Kegiatan PLP terdiri dari PLP I dan PLP II. Adapun kegiatan PLP I bertujuan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui kegiatan pengamatan langsung kultur sekolah, kegiatan belajar mengajar,, manajemen sekolah, dinamika sekolah sebagai lembaga pengembangan pendidikan dan pembelajaran. PLP I memiliki bobot 1 (satu) sks dalam bentuk observasi lapangan. Kegiatan PLP II bertujuan untuk melatih mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran melalui penyusunan perangkat pembelajaran dan merasakan langsung proses pembelajaran dengan menjadi asisten guru berupa praktek mengajar dikelas. PLP II memiliki beban belajar 3 (tiga) sks dalam bentuk praktik lapangan.

Program PLP dilaksanakan kurang lebih 2 bulan pada 09 Oktober s.d 02 Desember 2023. Rancangan kegiatan PLP dari awal sampai akhir diantaranya :  1. Pembukaan dan Pembekalan PLP tanggal 09 Oktober 2023 2. PLP I melaksanakan observasi awal 3. PLP II melaksanakan praktek mengajar, 4. Penutupan PLP tanggal 04 Desember 2023.


Pada acara penutupan PLP, STAI Al-Hamidiyah Jakarta memberikan piagam kepada sekolah mitra, sertifikat untuk dosen dan guru pamong, sebagai kenang kenangan memberikan cinderamata kepada sekolah mitra. Setelah kegiatan PLP selesai diharapkan mahasiswa memahami dengan baik ilmu dan pengalaman mengajar disekolah, sehingga terbentuk menjadi pribadi calon guru yang memiliki kompetensi baik kompetensi pedagogi, kepribadian, profesional dan sosial saat berkiprah di Masyarakat.


Penulis : Eva Siti Faridah

Penyunting : Tim Kominfo Al-Hamidiyah

Copyright 2024 - STAI Al-Hamidiyah Jakarta