Meneladani Akhlak Rasul di Era Modernisasi dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 11 November 2023   103 kali

about

Meneladani Akhlak Rasul di Era Modernisasi dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW


Depok - Pada hari Sabtu, 11 November 2023, STAI Al-Hamidiyah Jakarta telah menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Tema “Meneladani Akhlak Rasulullah di Era Modernisasi”.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat Sejarah Rasulullah SAW, mengingat perjuangan dan meneladani Akhlak Rasul. Berkaitan dengan Tema acara ini maka sebagai pemuda dan pemudi dihimbau untuk selalu meneladani akhlak rasul, apalagi di Era Modernisasi bisa dikatakan banyak terjadi krisis akhlak pada diri generasi muda. Acara maulid ini digagas oleh divisi dakwah dan sosial Dema STAI Al-Hamidiyah Jakarta dan dibantu oleh seluruh anggota DEMA lainnya.


Sebagai pengingat, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini penting, karena Nabi Muhammad SAW adalah panutan untuk seluruh umat Islam dan suri teladan bagi manusia, seperti yang dijelaskan dalam surat al-Ahzab ayat 21. Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di Makkah. Pada hakikatnya, Maulid Nabi tidak hanya sekadar pengingat sejarah bagi kaum muslim sebagai pengingat umat muslim dengan sosok nabi yang begitu mulia kehadirannya. Merayakan maulid nabi bisa sebagai salah satu cara bersyukur kepada Allah atas rahmat yang dilimpahkan-Nya. 


Kegiatan ini diawali pembacaan Maulid Simtudhuror oleh Tim Hadroh mahasiswa STAI Al-Hamidiyah Jakarta dengan Siswa MA Al-Mawwadah. Acara inti Tausyiah disampaikan oleh Ustadz Iskandar Zuhdi, B.Sc., M.Pd, beliau menyampaikan bahwa Rasulullah SAW harus menjadi Role Model dalam Aspek seluruh kehidupan baik perkara wajib dan Sunnah, kemudian menjelaskan tentang berkahnya menuntut ilmu kepada kedua orang tua, serta bersungguh sungguh dalam menuntut ilmu. Acara Maulid diakhiri dengan doa bersama.

 

Kegiatan maulid ini juga di hadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam yaitu Bapak Drs. Zaeni Dahlan, M.Si sebagai, Wakil ketua 1 Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Ibu Eva Siti Faridah, S.Si. M.Pd sebagai, Dosen dan seluruh mahasiswa STAI Al-Hamidiyah Jakarta. Maulid Nabi merupakan perayaan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan Rasul utusan Allah SWT. Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa akan semakin menambah cinta kepada Rasulullah SAW dan menambah keimanan kepada Allah SWT.

 

Penulis : Hammam Thoriq

Penyunting : Tim Humas YIA

Copyright 2024 - STAI Al-Hamidiyah Jakarta